Tips Membuat Desain Kolam Renang Pribadi

Jika saat ini kamu tengah berencana akan membuat kolam renang dirumah, sudah pasti hal pertama yang dilakukan adalah membuat desain kolam renang. Membuat desain pada kolam renang bukan hanya sekedar memikirkan tampilan semata akan tetapi harus dipikirkan juga apakah halaman yang dimiliki sebagai tempat pembuatan kolam renang terbatas atau besar. Jika terbatas, tentu desain pun harus dibuat dengan disesuaikan ukuran dari pembuatan kolam renang itu sendiri. Utamakan ketika membuat kolam renang sesuai dengan kebutuhan dan fungsi dari kolam renang itu sendiri. Dan pastikan juga untuk biaya pembuatan serta anggaran perawatan juga harus dipikirkan sebelum pembuatan kolam renang itu sendiri. Memang sebuah rumah yang dalamnya ada kolam renang akan membuat tampilan rumah jadi tambah cantik. Namun jika ternyata biaya untuk perawatan tidak dipikirkan sedari awal dan setelah pembangunan ternyata kolam renang tidak dirawat dengan baik, sudah pasti keberadaan dari kolam renang malah akan memperburuk tampilan rumah.

Sebelum memikirkan perihal desain kolam renang, sebaiknya kamu perhatikan dulu beberapa aspek seperti berapa ukuran untuk pembuatan kolam renang, bagaimana sistem dari pengairannya, apakah setelah dibuat kolam renang masih ada lahan tersedia dan biaya perawatannya juga harus dipersiapkan dengan baik. Supaya mendapatkan kenyamanan pada saat berenang, tentu ukuran yang disematkan harus sesuai dengan ukuran standar misalnya 6 x 2 meter. Jika ukuran kolam renang yang akan dibuat nanti 6 x 2 meter otomatis lahan yang diperlukan minimal 8 x 2 meter supaya masih ada lahan kosong yang tersedia di samping kolam. Tapi, apabila nanti lahan yang diperlukan tidak mencukupi, bisa dengan memilih kolam arus saja dimana nanti kolam akan dibuat seolah-olah airnya bergerak.

Desain kolam renang sendiri bisa dipilih sesuai dengan selera dan keinginan dari pemilik rumah. Ada kolam renang lingkaran dimana bentuknya sendiri sudah pasti lingkaran. Kolam dengan bentuk seperti ini sangat cocok untuk rumah yang tidak terlalu luas lahannya. Kamu bisa membuat kolam renang dengan desain bentuk lingkaran ini supaya tidak terlalu menghabiskan ruangan nanti. tidak hanya itu saja, untuk perawatan dari kolam renang yang bentuknya lingkaran pun tidak banyak, tidak memakawan energi serta waktu. Selain itu, ada juga desain melengkung bersegi. Banyak pemilik rumah minimalis menggunakan desain dengan bentuk kolam seperti ini karena tidak hanya membuat tampilan kolam jadi terkesan lebih wah saja akan tetapi juga kediaman rumah pun tampak lebih mewah. Kamu bisa membuat kedalaman kolam yang berbeda untuk anak-anak dan untuk dewasa tapi jangan lupa sertai dengan pembatasnya nanti. Pada saat pembuatan kolam renang pribadi, desain apapun sebenarnya kembali kepada selera pemilik rumah masing-masing tapi pastikan untuk tetap mengedepankan nilai manfaat dari kolam renang itu sendiri.

READ  Tips membuat kolam renang kecil